Senin, 07 Juli 2014

Masa Remaja, Masa Yang Paling Indah

Hai.. Teman-teman remaja semua,,, apa kabar semuanya? Semoga selalu ada dalam lindungan Tuhan YME, Amin. Untuk tema kali ini adalah tentang pengalaman hidup dan saya akan mengajak teman-teman remaja untuk melihat lebih dalam tentang pengalaman hidup masing-masing. Menjadi remaja adalah anugrah tersendiri yang harus kita syukuri karena masa remaja adalah masa kita mulai mengenal warna hidup yang lebih banyak dan menjalin pelangi yang indah. Lalu apa kaitannya dengan pengalaman hidup?

Biasanya, banyaknya pengalaman hidup akan terkait dengan orang yang sudah banyak makan asam garam kehidupan dan sudah dapat melewati masa suram lalu merubahnya menjadi masa terang, lantas apakah remaja tidak memiliki pengalaman hidup? Tentu saja PUNYA, dan setiap pengalaman hidup tidak bisa disamakan antara remaja yang satu dengan yang lain,,, karena setiap manusia memiliki jalan hidup masing-masing. 

Lalu apakah itu pengalaman hidup? Secara implisit saya akan menggambarkan pengalaman hidup sebagai kondisi-kondisi yang kita lalui dalam hidup ini dan meninggalkan pesan yang dalam serta memberikan pelajaran bagi kita untuk menjadi bekal menjalani masa selanjutnya. Nah, biasanya teman-teman remaja akan memiliki pengalaman hidup seputar area pertemanan, keluarga, percintaan, sekolah, komunitas dll. 

Satu contoh kasus yang saya kutip dari pengakuan seorang remaja yang memiliki pengalaman hidup yang memberikan banyak pelajaran dan perubahan untuk hidupnya, sebut saja B, usia 15 tahun, saat ini B sekolah di salah satu SMU swasta terkenal di jakarta, ia adalah anak tunggal dan kedua orangtuanya sibuk bekerja hingga malam. 


B sering merasakan kesepian dan sedih karena ketika berada dirumah tidak ada satupun orang yang bisa diajak berbagi cerita. B bukan anak yang populer di sekolah dan ia kurang bisa bergaul dengan teman sebaya sehingga ia tidak memiliki teman atau sahabat yang banyak. Kondisi kesepian dan sedih tersebut membuat B menjadi lebih sering berhubungan dengan dunia maya karena ia menemukan kenyamanan dan menemukan teman-teman yang mengerti dirinya serta memperhatikannya. 

Ketertarikan B terhadap dunia maya akhirnya menginspirasi B untuk membuat situs remaja yang merupakan wadah curahan hati bagi remaja-remaja yang kesepian karena orangtua sibuk bekerja dan kurang populer serta tidak memiliki banyak teman. Situs tersebut semakin lama semakin sering diakses oleh para remaja lain dan akhirnya menjadi sebuah komunitas yang melakukan kegiatan positif seperti mengunjungi panti jompo dan menghibur para penghuninya yang juga merasa kesepian, bahkan mengunjungi panti asuhan yang didalamnya adalah anak-anak yatim piatu yang tidak pernah merasakan kasih sayang.

Kalau dari pengalaman hidup B diatas, dapat kita simpulkan bahwa B memandang kondisi kesepian karena orangtua sibuk bekerja dan tidak memiliki banyak teman sebagai sesuatu yang memberikan inspirasi besar. Ketidaknyamanan yang B rasakan tetap dipandang sebagai sesuatu yang positif dan membawa perubahan besar dalam hidupnya serta membawa kebahagiaan bagi hari-harinya dengan membagi kebahagiaan kepada orang lain yang membutuhkan.

Namun, tidak sedikit juga teman-teman remaja yang memandang kondisi sulitnya sebagai sebuah pengalaman pahit dalam hidupnya, dan belum bisa mengambil pelajaran berharga dari hal tersebut karena teman-teman remaja biasanya terlalu fokus pada masalah yang dihadapi dan bukan pada "problem solvingnya". Akhirnya hal tersebutlah yang menyebabkan teman-teman remaja tidak menggunakan pengalaman hidupnya sebagai sebuah pelajaran hidup.

Bagaimana kita harus menyikapi pengalaman-pengalaman hidup (pahit atau manis)? Tetaplah menganggap bahwa pengalaman apapun yang kita lalui dan miliki dalam hidup ini adalah pengalaman yang paling berharga dan kita harus mensyukurinya serta mengambil pelajaran penting dari pengalaman tersebut sehingga kita tidak terjatuh kedalam kesalahan yang sama (jika pengalaman tersebut buruk) dan jika pengalaman tersebut baik semoga dapat memberikan perubahan positif dan inspirasi bagi remaja lain.

Tetaplah menjadi remaja yang selalu bisa melihat secara positif semua hal yang dihadapi sehingga kita selalu dapat mengucap syukur atas apa yang kita dapatkan.

Tetaplah menjadi remaja yang kuat dan tangguh untuk menerima semua pengalaman hidup sebagai warna-warna baru sehingga dapat menciptakan pelangi dan membuat sejarah indah untuk masa remajamu dan kelak akan kamu ceritakan kepada anak cucumu penuh kebanggaan.

Stay cool and lovely.
Keep smiling no matter what they say.

Love you all teens!!!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Masa Remaja, Masa Yang Paling Indah

.